Selain budaya dan pariwisata, perihal kuliner merupakan hal yang harus dibanggakan dari Indonesia. Beberapa tahun yang lalu, rendang dinobatkan menjadi makanan paling lezat di dunia. Kini, semakin banyak media internasional yang menyoroti makanan – makanan asli Indonesia yang tidak kalah lezat dari rendang. Dikutip dari CNN, ini dia 5 besar makanan Indonesia yang menggunakan rempah asli dari negeri sendiri dan diperhitungkan di kelas internasional :
5. NASI GORENG

Sebagai makanan yang akrab di telinga dan lidah orang Indonesia, ternyata rasa Nasi Goreng juga menggoda lidah di kancah internasional, loh ! Awalnya, resep Nasi Goreng sendiri tercipta karena menghindari nasi cepat basi. Ya, nasi yang digoreng cenderung akan lebih lama bertahan. Lama – kelamaan, terciptalah banyak kreasi resep Nasi Goreng. Mulai dari yang dasar seperti menambahkan telur, kecap, ayam dan sayur – sayuran hingga mencampurnya dengan Mie Goreng atau yang lebih dikenal dengan nama Nasi Gila.
4. SOTO

Bisa dibilang sebagai “sup sapi” tradisional nya orang Indonesia, terdapat beragam jenis Soto dari Sabang hingga Merauke. Versi paling umum dari Soto yaitu sup yang ditambah dengan daging ayam atau sapi. Bumbu kuahnya sendiri bisa bermacam – macam antar Soto. Sebut saja Soto Betawi yang menggunakan tambahan santan sebagai ciri khas – nya. Sebagai bahan pelengkap, bawang goreng dan seledri biasanya ditambahkan di atas hidangan Soto. Hmm .. Membayangkannya saja sudah menggugah selera, bukan ?
3. BAKSO

Abang tukang bakso, mari mari sini, saya mau beli … “

Siapa sangka, sebaris lirik dari lagu anak – anak di atas menceritakan soal makanan tradisional yang paling diminati di dunia ? Hidangan Bakso bukanlah suatu hal yang mengherankan lagi di negeri ini. Mulai dari pedagang kaki lima hingga restoran bintang lima, banyak yang menjajakan bakso dalam buku menu-nya. Makanan kesayangan banyak orang ini bahkan menjadi semakin terkenal ketika mantan presiden USA, Barrack Obama menyebutkan bahwa bakso adalah hidangan favoritnya selama tinggal di Indonesia ketika waktu masih kecil dulu.
2. SATE

Tidak hanya dipajang di buku menu atau pamflet Rumah Makan, hidangan Sate juga banyak “dipajang” di media sosial. Pasalnya, salah satu adegan terkenal dari film horror Suzanna yang memesan sate banyak dijadikan meme. Sate memang hidangan yang menjadi favorit banyak orang Indonesia. Tidak hanya karena ragamnya banyak (mulai dari sapi hingga kelinci), namun hidangan Sate juga nikmat dan banyak yang bilang bahwa Sate bagus untuk diet. Hal ini dikarenakan Sate menggunakan sedikit minyak dalam proses memasaknya. Bisa jadi benar, namun pastikan juga untuk membakar Sate dengan benar juga.
1. SAMBAL

Bukan hanya Indonesia yang tidak bisa hidup tanpa Sambal, ternyata dunia juga. Berada di posisi pertama dalam survey ini, Sambal memang pelengkap makanan yang wajib ada di semua hidangan. Beragam jenis mulai dari Sambal Matah, Dabu – Dabu hingga Sambal Terasi, hmm… Semuanya nikmat untuk disantap bahkan tanpa lauk – pauk. Tidak heran kan, kenap orang Bule juga terheran – heran dengan hidangan asli Indonesia yang satu ini ?

admin_bumiaki
0

BSNBKPHDTfHOlahraga Paragliding atau Paralayang yang berasal dari Inggris kini semakin mearik minat banyak orang untuk mencobanya. Memang, sekilas bagi sebagian orang olahraga yang satu ini menyeramkan. Namun, bagi mereka yang ingin menguji adrenalin rasanya wajib untuk mencoba olahraga yang satu Paralayang. Di Indonesia sendiri, kawasan yang paling terkenal untuk melakukan olahraga Paralayang terletak di kawasan Puncak.

Kawasan Gunung Mas atau yang lebih dikenal dengan Bukit Gantole, Puncak akan menjadi tempat Anda mewujudkan impian terbang dengan melakukan Paralayang. Untuk mencapai Bukit Gantole dari Bandung masuk ke Tol Cipularang, alu keluar di gerbang Tol Padalarang dan terus menuju Cianjur. Hingga sampai di Jl. Raya Puncak KM 87, Bukit Paralayang, Puncak. Sementara, dari arah Jakarta, Anda bisa melalui Tol Jagorawi ke arah Cisarua dan akhirnya sampai di Puncak. Tiket masuk ke Bukit Gantole dikenakan biaya Rp13.000/orang (sudah termasuk asuransi), kendaraan kecil dikenakan Rp5.000, sedangkan motor yaitu Rp2.000.

admin_bumiaki
0

f3c5c300903c43bd3c8e7bd88e35bdd2
Yeay ! Weekend telah tiba dan saatnya merencanakan liburan akhir pekan Anda. Daerah Puncak Bogor memang menjadi primadona banyak orang yang ingin menghindar sejenak dari kesibukan di kota. Jarak yang dekat dari ibukota dan pemandangan alam yang menyejukkan menjadi salah satu alasannya. Sudah menjadi rahasia umum kalau daerah Puncak dan sekitarnya jadi langganan macet di kala weekend. Berikut tips dan trick itinerary bagi Anda yang ingin berlibur ke Puncak di akhir pekan tanpa macet :

 

  1. Berangkat di pagi hari

Bersiaplah untuk berangkat di pagi hari sekitar pukul 06:00 WIB. Jika Anda menggunakan mobil, disarankan untuk berangkat lebih awal. Pastikan Anda sampai di pintu keluar tol Ciawi atau Simpang Tiga Gadog sebelum pukul 07:30 WIB. Kalau terlewat, bisa – bisa Anda terjebak di kemacetan.

admin_bumiaki
0