Di Musim kemarau memang paling enak menikmati minuman dingin dan menikmati dinginnya hembusan udara dari alat pendingin. Di musim ini juga merupakan waktu yang tepat untuk menghabiskan waktu di kolam renang atau pantai.

Tetapi tahukah Cucu kalau flu lebih mudah menyerang saat musim kemarau? Hal ini disebabkan oleh udara panas yang membuat keringat lebih banyak. Renang di pantai pada siang hari juga menjadikan badan menerima panas lebih banyak. Suhu panas berlebihan itulah yang memicu demam dan menggigil yang merupakan gejala flu. Anak-anak pada khususnya cenderung mudah terkena flu saat musim kemarau karena mereka terlalu aktif melakukan kegiatan, terlalu banyak makan es krim atau minuman dingin lainnya.

Selain itu, flu sangat menular melalui udara dan dapat ditransfer dengan kontak tangan. Setiap kali batuk, bersin, berbicara, atau berjabat tangan kuman akan menyebar. Nah, agar terhindar dari dan flu, Aki mau bagikan 10 tips mencegah flu di musim kemarau untuk Cucu-Cicit tersayang.

  1. Makan 5 Kali Sehari

Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, cobalah makan 5 kali sehari dan didominasi oleh buah serta sayuran. Tiga kali makan wajib dan dua kali makan buah di sela-sela waktunya. Perbanyak juga makan bawang merah dan bawang putih. Keduanya bersifat antiviral, antibakteri, dan anti-radang, sehingga dapat membantu melawan infeksi yang hendak masuk ke dalam tubuh.

 

  1. Perbanyak Minum Air Putih

Tambah konsumsi air minum, terutama jika banyak bekerja area yang panas atau memiliki rekan yang sedang pilek atau flu. Minimal minum air 2 liter/hari, kalau lebih dari tentu saja lebih baik. Banyak cairan dalam tubuh akan membuat badan terus terhidrasi, tapi juga membantu mengeluarkan racun di dalam tubuh.

 

  1. Pastikan Cukup Tidur

Meski kuno, tidur merupakan teknik paling jitu melawan flu. Tidur adalah cara alami tubuh untuk mengisi ulang energi. Jadi, jika Cucu merasa tubuh lelah dan gejala awal flu muncul, seperti sulit menelan dan hidung perlahan mampet, cobalah tidur untuk membantu memulihkan sistem imun tubuh. Peneliti University of California di San Diego menemukan bahwa kurang tidur satu hingga dua jam saja akan menurunkan kemampuan sel-T dan sel darah putih melawan penyakit.

 

  1. Perhatikan Limit Alkohol Tubuh

Kalau Cucu termasuk yang gemar minum minuman beralkohol, coba mulai beri batasan. Sebab terlalu banyak mengonsumsi alkohol dapat menurunkan kadar vitamin sehingga tubuh kekurangan tamengnya. Tentu hal ini dapat memengaruhi sistem kekebalan dan kemampuan untuk melawan infeksi.

 

  1. Konsumsi Teh Secara Rutin

Pilih teh hijau, karena itu memiliki sumber antioksidan yang terkaya. Kandungan itu tentu saja sangat baik untuk membantu tubuh mengalahkan virus flu dan pilek serta memberi meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kalau tidak suka teh hijau, minum teh biasa juga tak masalah, kok.

 

  1. Hindari Menyentuh Wajah

Virus flu seringkali dibawa oleh tangan dan kemudian masuk ke tubuh melalui mata, hidung, atau mulut. Jadi, minimalkan risiko terkena flu dengan mencuci tangan secara teratur. Untuk menyingkirkan kuman, gosok kedua tangan dengan sabun yang banyak dan air hangat setidaknya selama 15 detik.

 

  1. Rutin Olahraga

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah dengan rutin olahraga. Lakukan kegiatan ini minimal 30 menit per hari dan lakukan selama 3 kali seminggu. Dijamin bukan hanya virus flus yang pergi, tapi juga virus lainnya.

 

  1. Gunakan Tisu untuk Bersihkan Hidung
Little boy with runny nose in bed.

Saat membuang ingus, sebaiknya gunakan tisu yang sekali pakai sehingga bisa langsung dibuang. Itu membantu mengurangi risiko flu tersebar ke orang lain.

 

  1. Suntik Vaksin Flu Tahunan

Cara paling ampuh agar terhindar dari flu dan pilek adalah dengan rutin vaksin flu tahunan.

 

  1. Tertawa

Apa hubungannya tertawa dengan flu? Tertawa mampu melipatgandakan sel darah putih sebanyak 25%. Efeknya, tubuh akan lebih kuat menghadang virus penyebab flu. Agar terhindar dari flu, perbanyaklah stok film komedi di rumah. Cara lain, lebih sering bertemu dengan sahabat yang humoris.

 

Jadi, Cu, agar terhindar dari penyakit flu, coba terapkanlah berbagai cara pencegahan flu di atas dalam kehidupan sehari-hari ya. Namun jika masih juga sering terkena flu atau jika flu yang dialami tidak kunjung sembuh, sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

 

About the author

Leave a Reply