Bawang — merah, putih, bombay — adalah salah satu bumbu dapur yang paling banyak digunakan untuk memasak. Bumbu dapur yang satu ini diperkaya oleh vitamin C, B1 dan B6, bersama dengan dosis tinggi dari kalium, fosfor, dan serat.. Meski demikian, banyak orang yang enggan mengupas dan memotong bumbu ini. Pasalnya, bawang bisa membuat air mata mengalir tanpa alasan.

Menangis saat memotong bawang bukan berasal dari bau bawang, namun berasal dari senyawa dalam bawang akan bereaksi dengan suatu enzim tertentu sehingga menghasilkan asam sulfenat. Asam sulfenat bersifat tidak stabil dan hal ini akan mendorong senyawa lain yakni propanetiol S-oksida menguap lebih cepat dan mudah. Uap dari propanetiol S-oksida inilah yang nantinya akan membangkitkan refleks tangisan air mata.

Salah satu cara mudah menahan keluarnya air mata ini saat memotong bawang adalah dengan memakai kacamata renang. Namun, cara ini tidaklah efektif. Bagaimana jika tak punya kacamata renang? Tenang, berikut 11 cara mudah menghalau keluarnya air mata saat memotong bawang.

1. Dinginkan bawang sebelum dipotong

Masukkan bawang ke dalam lemari es selama beberapa saat. Proses pendinginan ini akan memperlambat reaksi kimia yang dilepaskan saat bawang terpotong.

2. Rendam bawang utuh yang sudah dikupas ke dalam air es

Setelah beberapa saat, ambil bawang dari air es, kemudian iris seperti biasa.

3. Pastikan pisau yang digunakan untuk memotong adalah pisau yang tajam

Pisau tajam ini akan membantu mengurangi penguapan zat yang membuat mata menangis. Ketika pisau tersebut tumpul, maka gesekan yang berlebihan akan memancing keluarnya zat yang memerihkan mata.

4. Gigitlah korek api untuk cegah air mata mengalir

Ambil beberapa batang korek api dan gigit saat sedang memotong bawang.

5. Kunyahlah permen karet

Dengan mengunyah permen karet, otot wajah khususnya di area mata akan bergerak dan ‘menangkis’ zat yang membuat mata perih.

6. Manfaatkan air yang mengalir

Mengupas dan memotong bawang merah di bawah air mengalir akan menghilangkan zat pemerih mata di dalam bawang.

7. Potong bagian atas terlebih dahulu

The National Onion Association mengungkapkan, produksi air mata ketika memotong bawang akan berkurang jika memotong bagian atasnya lebih dulu baru mengupas kulit luar.

8. Semprotkan sedikit larutan cuka ke talenan

Larutan cuka akan menghentikan reaksi belerang yang ada dalam bawang.

9. Gunakan bantuan kipas angin

Kipas angin akan membuat zat belerang menjauhi wajah dan mencegah air mata mengalir saat memotong bawang.

10. Letakkan Garam di dekat tempat memotong bawang

Meletakkan garam di dekat tempat memotong bawang juga menjadi cara mudah agar tidak menangis. Hal ini terjadi karena garam bisa menjadi penetral uap bawang sebelum mengenai mata.

11. Oleskan jus lemon di sepanjang pisau

Potong lemon menjadi dua dan oleskan jus lemon pada mata pisau sebelum memotong bawang. Tetapi, akan perlu mengulang olesan setiap beberapa kali potongan bawang.

Itulah beberapa cara praktis dan mudah agar tidak menangis saat memotong bawang. Semoga informasi dari Nini ini bermanfaat ya, Cuuu.

Selamat mencoba!

About the author

Leave a Reply