Seiring bertambahnya usia, wanita semakin rentan memiliki kerutan di wajahnya. Untuk menjaga penampilannya, para wanita melakukan berbagai perawatan wajah dengan bantuan obat ataupun tindakan medis.

Kulit wajah terus mengalami perkembangan selama seseorang masih hidup, namun kapasitas kulit dalam memperbaiki diri kian menurun sejalan dengan pertambahan usia. Hal ini adalah bagian dari proses penuaan.

Tentu Cucu Aki tidak ingin jika wajahnya terlihat menua melebihi usia semestinya. Tidak peduli apa jenis kulit Cucu, rutinitas perawatan kulit harus dilakukan setiap hari, guna menjaga kesehatan kulit wajah secara keseluruhan dan memperbaiki masalah seperti jerawat, bintik hitam, bekas luka, dan juga kulit wajah yang mulai mengendur.

Berikut ini adalah beberapa cara mengencangkan kulit wajah yang dapat dilakukan secara alami:

  1. Menggunakan masker wajah

 Cucu dapat memakai masker wajah dengan bahan alami seperti putih telur dan lemon, serta susu dan madu. Jika Cucu ingin menggunakan telur sebagai masker, jangan lupa untuk memisahkan putih telur dengan kuning telur. Kemudian, campur putih telur dengan beberapa tetes air lemon. Oleskan pada wajah hingga mengering dan bilas dengan air hangat hingga bersih. Jika Cucu alergi telur, disarankan untuk tidak menggunakan masker ini.

Ada juga jenis masker yang bisa dimanfaatkan dari buah-buahan. Misalnya, buah pisang yang bisa dibuat menjadi masker wajah. Caranya, haluskan buah pisang secukupnya, kemudian campurkan dengan yoghurt dan juga madu alami. Selanjutnya, oleskan ke seluruh wajah. Diamkan selama 10 menit, kemudian bilas hingga bersih. Masker pisang ini juga berguna untuk melembapkan dan menghaluskan kulit yang kering.

  1. Melakukan pijat wajah secara teratur

Pijat wajah akan meningkatkan sirkulasi darah pada wajah, sekaligus leher. Gerakan memutar atau gerakan ke atas dapat membantu mencegah munculnya keriput dan garis halus. Tindakan ini akan bermanfaat secara maksimal jika dilakukan secara teratur, terutama pada malam hari sebelum tidur.

  1. Mencukupi kebutuhan nutrisi

Selain faktor dari luar tubuh, sangat penting untuk mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang dalam menjaga agar kulit wajah tetap kencang. Cucu disarankan untuk mengonsumsi asupan yang tinggi antioksidan, beta karoten, polifenol, flavonoid, protein, dan Omega-3 serta Omega-6.

Sumber nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit yakni ikan, kacang, teh hijau, kunyit, buah, sayur, susu, telur dan yoghurt. Jangan lupa juga untuk minum air putih yang cukup.

Selain itu, aturlah pola makan sehat dan olahraga secara teratur agar hasil yang didapatkan lebih optimal. Hindari sinar matahari yang berlebihan karena radiasi sinar UV dapat mengurangi minyak dan kelembapan alami kulit wajah.

Jika memerlukan pengencangan kulit wajah melalui tindakan medis, konsultasikan dengan dokter spesialis kulit atau dokter bedah plastik untuk mendapatkan informasi tindakan yang sesuai dan aman bagi kondisi Cucu.

 

About the author

Leave a Reply