5 Makanan khas daerah saat Lebaran, berani beda ?

Setelah menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan, hari Lebaran menjadi hari yang spesial sebagai hari kemenangan nya umat muslim. Berbagai tradisi mengenai hidangan Lebaran pun bermacam – macam, biasanya mengikuti tradisi khas daerah masing – masing. Pernah terpikirkan untuk membuat hidangan Lebaran dari daerah lain yang mungkin belum pernah disajikan di Lebaran sebelumnya ? Kali ini Nini akan memberikan beberapa rekomendasi hidangan dari berbagai daerah yang patut untuk dicoba atau dihidangkan disaat Lebaran.

 

  1. Semur Betawi (Jakarta)

Semur Betawi ini sekilas mirip sekali dengan rendang, tetapi penyajian nya disandingkan dengan bencok, kentang goreng kering dan juga ebi halus. Cita rasa yang berbeda membuat hidangan khas Jakarta di kala Lebaran ini menjadi salah satu primadona bagi kalian yang mempunyai sanak saudara di Jakarta.

 

  1. Bebek Gulai Kurma (Aceh)

Bebek Gulai Kurma yang aslinya menjadi salah satu hidangan utama di Aceh ini disajikan dengan rempah – rempah dan santan yang kental yang akan memberikan rasa yang gurih dan menyegarkan. Meskipun Namanya bebek gulai kurma, tapi tidak ada satupun kurma yang menjadi bahan utama disini loh cu!

 

  1. Ayam Gagape (Makassar)

Ayam gagape menjadi menu khas Makassar, Ayam yang disajikan dengan parutan kelapa sangria yang menjadikan kuashnya menjadi kental dan gurih. Pasangan yang cocok untuk menikmati ayam gagape ini biasanya dengan ketupat, atau dengan alternatif lain seperti coto makassar yang membuat berbeda dari yang lainnya.

 

  1. Kellapate (Madura)

Jika ayam dan bebek menjadi hidangan khas Lebaran, lain ceritanya dengan kellapate yang ebrasal dari Madura. Bahan utama nya ialah ikan tenggiri dengan kuah santan dan berbagai macam rempah – rempah serta cabai merah dan belimbing wuluh.

 

  1. Selat Solo (Solo)

Selat solo sekilas mirip dengan hidangan salad asal eropa bila dikaitkan mengenai penyajiannya, tapi asli nya menggunakan bahan – bahan lokal kok cu!. Ada daging sapi, telur, bermacam sayuran yang siap memberikan rasa yang unik dalam setiap penyajiannya.

 

Nah, 5 makanan diatas merupakan rekomendasi Nini untuk kalian yang ingin mencoba hidangan Lebaran yang berbeda, siapa tau bisa menambah hangat silaturahmi karena hidangan yang disajikan berbeda dari yang lain!

About the author

Leave a Reply