5 TIPS MENURUNKAN BERAT BADAN SETELAH MELAHIRKAN

Mempunyai momongan adalah salah satu kebahagiaan terbesar bagi wanita. Namun setelah melahirkan wanita seringkali dihantui bobot tubuh yang bertambah sejak kehamilan. Tidak jarang wanita memutar otak untuk mencari cara agar bobot tubuh kembali seperti semula.

Untuk Cucu yang merasa kurang percaya diri atau sampai stress akibat berat badan yang masih melar, tak ada salahnya untuk mengikuti beberapa hal di bawah ini agar berat badan kembali seperti sebelum hamil.

  1. Tidak Perlu Diet

Tahu nggak, Cu, kalau diet justru akan mempersulit Cucu menurunkan berat badan? Cara termudah dalam menurunkan berat badan adalah dengan mengurangi “kalori kosong” atau makanan yang penuh dengan lemak dan gula, namun tidak mengandung nutrisi yang baik. Coba hindari kue, cookies, dan minuman manis seperti soda dan alkohol, serta kurangi konsumsi junk foodseperti pizza dan burger.

  1. Makan Banyak “Superfood”

Cucu memerlukan banyak nutrisi untuk menyusui. Pilihlah makanan yang tinggi protein seperti daging merah, ayam, dan kacang-kacangan. Cucu juga perlu mengonsumsi kalsium yang bisa didapat dari susu, yogurt, dan keju. Ikan seperti salmon adalah jenis superfoodyang baik karena mengandung DHA dan asam lemak omega 4 yang baik untuk si buah hati.

  1. Makan Camilan yang Baik

Ngemil tak selamanya burut untuk tubuh. Pilihlah camilan seperti seperti buah segar atau sereal tanpa pemanis.

  1. Menyusui Bayi

Menyusui dapat membakar ratusan kalori per hari. Menyusui memang sudah terkenal baik untuk kesehatan, namun ternyata menyusui juga baik untuk mengecilkan lingkar pinggang. Banyak wanita yang mengatakan bahwa menyusui dapat membantu mereka mengembalikan berat badan mereka seperti sedia kala.

  1. Tidur Cukup

Tidurlah minimal 7 jam sehari. Penelitian yang dilakukan pada ibu yang hanya tidur 5 jam atau kurang dalam sehari menunjukkan bahwa mereka peluang berat badan mereka naik berlebih dibandingkan dengan ibu yang tidur cukup 7 jam sehari. Tentukan jam tidur untuk bayi Cucu, mudahkan mereka untuk terlelap dengan cara mandi air hangat, menyanyi, atau membaca buku cerita. Selalu ikuti jadwal tiap hari hingga si kecil terbiasa.

Itu dia 5 tips dari Aki. Semoga bermanfaat ya, Cu!

About the author

Leave a Reply