Ramadan adalah bulan yang begitu dinantikan oleh umat Islam seluruh dunia. Di Indonesia, selain menjadi bulan suci penuh berkah untuk berpuasa, juga menjadi bulan di mana undangan buka bersama berdatangan. Mulai dari reunian grup sekolah, komunitas hobi, keluarga besar, kelompok arisan, hingga rekan kantor.

Momen buka puasa bersama yang biasa disebut “bukber” ini adalah sebuah tradisi yang sudah berjalan sejak lama di Indonesia. Salah satu tujuan utamanya adalah silaturahim, bertemu dengan rekan atau sanak saudara yang hanya bisa dipertemukan saat bulan Ramadan karena disebabkan oleh berbagai macam kesibukan. Hal inilah yang membuat tradisi ini tetap terjaga karena sesuai dengan keragaman dan adat kebiasaan bangsa Indonesia yang masih sangat menjunjung tinggi silaturahim.

Tentunya banyak sekali nilai positif dalam kegiatan buka puasa bersama, baik buka puasa bersama keluarga maupun dengan teman-teman. Berikut ini beberapa manfaat yang didapatkan saat buka bersama:

  1. Menjalankan Perintah Silaturahim

Mengadakan buka puasa bersama berarti mengamalkan perintah silaturahim seperti yang tercantum di dalam Alquran Surat An-Nisa ayat 1 yang artinya, “Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu, dan daripadanya Allah menciptakan isterinya; dan daripada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.”.

 

2. Menanamkan Nilai dan Norma pada Anak

Buka puasa bersama keluarga mengajarkan anak-anak untuk menjadi anggota masyarakat dan budaya. Berbagai nilai dan normativitas dapat ditransfer oleh orang-orang dewasa di meja makan, baik melalui percakapan secara langsung maupun aksi-aksi kecil seperti berdoa bersama atau menuangkan hidangan ke piring anggota keluarga lainnya. Makan bersama keluarga juga menjadi ajang yang tepat untuk meneruskan cerita sejarah internal kepada anak-anak. Hal ini penting bagi perkembangan psikologi anak karena berkaitan dengan cara penilaian diri dari pengenalan terhadap akar keluarga alias historisasi diri.

 

3. Mencairkan Hubungan yang Tegang Antara Satu dan Lainnya

Melalui medium “bukber”, hubungan yang tegang antara satu dengan yang lain karena perbedaan kepentingan bisa menjadi cair dan baik kembali.

 

4. Membuat Seseorang Merasa Lebih Optimis

Momen berbuka puasa bersama sahabat yang seringkali diidentikkan dengan ajang reuni ini juga membawa banyak dampak positif bagi seseorang. Dalam reuni, seseorang akan mengakses nostalgia bersama teman-temannya. Peristiwa-peristiwa manis pada masa silam bisa membuat seseorang lebih optimistis terhadap hidupnya. Kenangan-kenangan indah yang terlontar saat reuni bisa membuat seseorang menyadari bahwa dirinya berharga atau berarti bagi orang lain.

 

5. Mengurangi Risiko Terkena Alzheimer Dementia

Alzheimer Dementia adalah penyakit yang ditandai dengan menurunnya kemampuan mengingat seseorang dan kemampuan untuk membuat keputusan. Interaksi yang terjadi saat momen buka puasa bersama dapat mengurangi risiko seseorang terjangkit penyakit Alzheimer Dementia.

 

6. Memperpanjang Usia

Ketika mengadakan kegiatan buka puasa bersama, peserta bisa saling mendoakan, saling berbagi perasaan atau curhat sehingga meredakan ketegangan psikis. Selain itu, mendengar ceramah dari yang lebih berpengalaman dan banyak ilmu dapat member harapan baru. Dampaknya Allah memberi kesehatan pisik dan psikis, sehingga panjang umur.

 

Akan tetapi, persoalan tempat buka puasa bersama atau mau makan apa selalu menjadi masalah pelik yang tidak jarang berujung konflik. Mulai dari lokasi restoran yang sulit dijangkau, menu dan rasa makanan, serta kebersihan restoran.

RM Bumi Aki dan RM Bumi Nini hadir untuk menjawab kebutuhan Cucu dan Cicit yang ingin berbuka puasa bersama keluarga dan sahabat. Lokasi RM Bumi Aki dan RM Bumi Nini memiliki 5 cabang yang berada di Puncak, Cisarua, Bogor, dan Cibinong. Setiap toilet yang ada di cabang RM Bumi Aki dan RM Bumi Nini dipastikan selalu bersih dan wangi. Selain itu, terdapat mushola yang nyaman dan juga resik untuk menunaikan ibadah salat.

Sambil menunggu waktu berbuka, Cicit bisa bermain di area playground. Khusus akhir pekan, Cicit bisa ikut Kids Activity mewarnai gambar dan bermain ditemani Aki-Nini.

Selama bulan Ramadan, Cucu dan Cicit akan mendapatkan takjil gratis untuk berbuka puasa. Untuk hidangan berbuka, Cucu dapat menikmati Sate Kambing dan Ayam serta Sop Buntut Spesial khas Bumi Aki yang menggugah selera. Menikmati buka puasa dengan sate dan sop buntut ini semakin terasa nikmatnya dengan ditemani Wedang Ronde yang memberikan sensasi hangat di badan. Ada pula camilan seperti Poffertjes, Bandros, Kue Cubit, dan Waffle yang bisa dijadikan hidangan pembuka maupun hidangan penutup makan malam Cucu dan Cicit.

Untuk informasi lebih lanjut dan reservasi, Cucu bisa menghubungi kontak di bawah ini:

RM Bumi Aki:

– Bumi Aki Puncak: 0811-1164-165

– Bumi Aki Cibinong: 0811-1164-168

– Bumi Aki Bogor: 0811-1164-169

 

RM Bumi Nini

– Bumi Nini Puncak: 0811-1164-166

– Bumi Nini Cisarua: 0811-1164-167

 

Aki-Nini tunggu kedatangannya ya, Cu!

 

 

About the author

Leave a Reply