Pelesiran kini menjadi kebutuhan sebagian besar keluarga. Selain orang tua butuh jeda dari rutinitas pekerjaan, anak-anak juga perlu rehat dari kegiatan akademik. Relasi dan ikatan setiap anggota keluarga juga menguat setelah liburan bersama.

Selain itu, liburan juga bisa menjadi sarana untuk menambah wawasan si kecil. Agar liburan keluarga bisa dilakukan secara rutin tanpa membebani finansial keluarga, maka Cucu wajib merencanakan dana liburan ini sebaik mungkin.

Nah, Aki punya beberapa tips bijak dalam merencanakan liburan keluarga nih, Cu…

1. Persiapkan anggaran

Liburan adalah hak bagi setiap orang. Namun, agar liburan tersebut tidak mengganggu cashflow, sebaiknya Cucu perlu mempersiapkan dana jauh-jauh hari sebelum waktu keberangkatan. Usahakan agar tidak mengeluarkan uang lebih dari batas pengeluaran yang dipersiapkan. Selain itu, hindari penggunaan kartu kredit saat sedang berlibur, karena hal itu justru berpotensi merusak rencana keuangan jika tidak diakomodasi dengan tepat.

2. Tentukan pilihan destinasi

Jika budget yang dipersiapkan tidak besar, liburan ke destinasi populer yang tidak terlalu jauh dari tempat tinggal bisa menjadi pilihan. Mulai dari makan di restoran favorit, mendatangi café yang Instagramable, atau berkunjung ke kebun binatang.

3. Pilih penginapan terjangkau

Jika ingin liburan ke luar kota, tentu tentu salah satu hal utama yang perlu dipikirkan adalah tempat menginap. Jangan buru-buru mencari hotel berbintang dengan berbagai fasilitas mewah, namun sesuaikan dengan budget yang telah ditentukan.

4. Siapkan Kebutuhan Bertransaksi

Ketika merencanakan liburan, jangan lupa untuk mencari informasi mengenai transaksi yang berlaku di destinasi wisata tujuan. Akan menjadi pilihan yang tepat jika membawa kartu pembayaran yang dapat dipergunakan di mana saja, baik untuk kebutuhan bertransaksi maupun melakukan penarikan sebagai cadangan uang tunai.

Jika menginap di hotel, biaya menginap sebaiknya dilunasi jauh sebelum berangkat berlibur. Semakin banyak urusan yang sudah dibereskan sebelum memulai liburan, tentunya momen kebersamaan bersama keluarga akan menjadi menyenangkan dan pastinya merasa lebih tenang.

5. Tentukan pilihan transportasi

Pilihan menggunakan transportasi juga menjadi hal krusial jika ingin tetap bijak mengatur keuangan saat liburan. Biasanya, wisata keliling kota menjadi agenda selama berkunjung ke salah satu destinasi liburan. Hindari berpergian menggunakan taksi karena tarifnya biasanya cukup mahal. Gunakanlah transportasi umum, seperti bus atau kereta dalam kota.

6. Hindari belanja berlebihan

Salah satu “godaan” terbesar jika sedang liburan biasanya saat berkunjung ke pusat perbelanjaan, apalagi jika sedang ada diskon akhir tahun, misalnya. Selain untuk konsumsi pribadi, terkadang kita juga sering belanja oleh-oleh.

Kalau begini, tentu niat kuat harus dipersiapkan. Usahakan lebih menahan diri membeli barang yang tidak masuk ke dalam check list anggaran yang dipersiapkan sebelum berangkat liburan. Jika semua biaya terkendali, tidak akan ada beban akibat over budget setelah pulang nanti.

7. Persiapkan Plan Cadangan

Meskipun telah membuat perencanaan dengan matang, tidak menutup kemungkinan akan terjadi hal-hal di luar perkiraan. Agar kejadian tersebut tidak mengganggu kualitas liburan, mempersiapkan beberapa rencana cadangan tentu merupakan tindakan preventif yang tepat untuk dilakukan.

Persiapkan pula dana cadangan, baik dalam kartu ATM maupun dalam bentuk tunai agar bisa dipergunakan saat dibutuhkan. Selain itu, jika memiliki asuransi, membawanya selama berlibur tentu merupakan hal yang amat penting. Saat rencana cadangan untuk mengantisipasi hal buruk telah disiapkan, kegiatan berlibur pasti menjadi momen yang membahagiakan bersama keluarga.

Bagaimana, ternyata tidak sulit bukan merencanakan liburan keluarga? Segala sesuatu yang direncanakan dengan matang tentu dapat berjalan dengan lancar dan minim kendala.

Selamat berlibur, Cucu-Cicit Aki tersayang!

About the author

Leave a Reply