Punya tubuh langsing dan kulit mulus seperti artis Korea tentu menjadi impian banyak orang, terutama para kaum Hawa. Segala cara akan dilakukan hingga menguras isi rekening demi membeli beragam produk kecantikan.

Padahal untuk mendapatkan tubuh ideal dan semulus bintang Korea tidak melulu dengan oplas atau membangkrutkan diri. Mau tahu caranya? Simak baik-baik nih 9 kebiasaan orang Korea yang bisa banget Cucu tiru!

  1. Rajin minum air putih

Iya, sesederhana itu. Selain menghilangkan dahaga, air putih sangat ampuh untuk membilas toksin dalam tubuh, menjaga fungsi ginjal, meningkatkan energi, menghidrasi tubuh sampai mengontrol kalor, dan menjaga berat badan. Yuk, lebih rajin minum air putih setiap hari!

 

  1. Mandi Sauna

Para pencinta drama Korea pasti sudah tidak asing dengan Jimjilbang atau rumah sauna Korea. Sauna ternyata bisa jadi kebiasaan baik yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak hanya sekadar untuk bersenang-senang, ternyata banyak manfaat yang bisa didapatkan saat mereka pergi ke jimjilbang atau rumah sauna. Manfaat sauna yang bisa didapatkan antara lain mendetoksifikasi racun yang dikeluarkan lewat keringat, menurunkan berat badan, hingga merelaksasi pikiran.

 

  1. Menyantap banyak sayuran

Lewat drama korea dan reality show Korea sering diperlihatkan kalau menu makanan korea pasti melibatkan sayuran. Bukan sayuran yang hanya berjumlah sedikit seperti dalam menu nasi padang, melainkan berpiring-piring sayuran dalam jumlah banyak. Sayuran ini juga menjadi side dish yang selalu disediakan saat makan pagi, makan siang, dan makan malam. Konsumsi sayuran yang rutin membuat orang Korea dapat mencukupi kebutuhan serat tubuh mereka.

 

  1. Mengonsumsi kimchi

Kimchi adalah sajian fermentasi khas wajib warga Korea yang kaya manfaat. Orang Korea mengonsumsi kimchi hampir setiap hari karena sajian tersebut merupakan makanan pokok mereka di meja makan. Hampir semua sajian makanan Korea bisa didampingi menu ini, bahkan pizza sekalipun!

Manfaat kesehatan yang didapat jika rutin memakan kimchi adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membuat kulit bersinar, menjaga berat badan dan memperlancar sistem pencernaan.

 

  1. Rutin merawat kulit wajah

Korea memang terkenal dengan inovasinya yang luar biasa di bidang perawatan kulit dan kosmetik. Dalam drama Koren, adegan menggunakan masker mentimun, membersihkan wajah dengan face oil, mask sheet atau face spray bukanlah hal yang asing. Bagi orang Korea, penampilan jadi hal yang sangat penting dijaga dan usaha ini layak ditiru kalau ingin terlihat lebih kinclong.

 

  1. Rajin jalan kaki

Mirip dengan di Jepang, orang Korea juga memiliki kebiasaan untuk jalan kaki. Mereka lebih suka berjalan kaki menuju halte bus atau stasiun kereta. Manfaat jalan kaki bagi kesehatan adalah menurunkan berat badan karena langsung membakar kalori tubuh. Bukan cuma soal perkara mendapatkan tubuh langsing ideal, lebih rajin jalan kaki dan nggak gengsi naik kendaraan umum bisa jadi solusi untuk yang tidak sempat olahraga tapi ingin punya tubuh lebih fit dan sehat.

 

  1. Menjauhi makanan olahan

Sama seperti masyarakat Asia pada umumnya, makanan-makanan tradisional Korea biasanya melalui proses masak yang lama dan minim olahan. Mereka juga tidak terbiasa menggunakan bumbu penyedap, melainkan berbagai saus dan bumbu fermentasi tradisional seperti doenjang (fermentasi kacang kedelai) dan gochujang (pasta cabai).

 

8. Perbanyak Aktivitas Luar Ruangan

Setelah beraktivitas selama satu minggu penuh, ada baiknya untuk menggambil waktu istirahat di luar ruangan seperti berolahraga atau sekedar jalan-jalan di taman. Di Korea kegiatan luar ruangan seringkali dilakukan sebagai sarana pelepas stres. Ada banyak tempat yang menyediakan fasilitas untuk melakukan kegiatan di luar ruangan yang nyaman. Berkemah adalah salah satu kegiatan yang sering dilakukan untuk melepas stres di Korea.

 

  1. Minum Obat Herbal

Korea juga disebut sebagai negara ginseng karena Korea terkenal sebagai negara penghasil ginseng. Ginseng disebut bisa digunakan sebagai obat untuk mengurangi stres dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain itu ginseng juga dipercaya bisa menambah berat badan secara alami. Tidak hanya ginseng, banyak juga rempah dan tanaman herbal Korea yang jika diramu dapat digunakan sebagai obat pendukung berbagai macam penyakit.

Selain kebiasaan sehat masyarakatnya, pemerintah Korea juga sangat memperhatikan kesehatan untuk warga. Salah satunya dengan fasilitas kesehatan yang memadai untuk setiap lapisan masyarakat. Program kesehatan ini sudah dijalankan oleh pemerintah Korea sejak tahun 1989. Asuransi kesehatan nasional Korea telah berhasil memfasilitasi sumber daya untuk perawatan kesehatan publik.

 

Untuk mencapai tubuh ideal dan kulit mulus impian, memang harus ada usaha yang dilakukan. Dengan melakukan 9 kebiasaan baik orang Korea dijamin deh kualitas hidup Cucu bakal lebih baik.

Yuk, mulai sekarang coba terapkan hidup sehat ala Korea yang mudah ditiru. Kalau ada kebiasaan lain yang nggak tertulis di sini, boleh banget lho dibagikan di kolom komentar di bawah ini. Hwaithing!

 

About the author

Leave a Reply