Wisata Citamiang adalah salah satu objek wisata yang kawasannya dikelola secara langsung oleh pihak Perhutani KPH Bogor. Berada di daerah pegunungan Puncak Bogor, Jawa Barat, sejuk adalah yang akan kalian dapati ketika berada di sini. Untuk wisatawan, kawasan wisata ini tidak akan terasa asing lagi. Dengan ciri panorama dan keindahan alamnya, ditambah suasana yang benar benar sejuk, tentu saja Citamiang sangat cocok untuk kalian jadikan destinasi liburan selanjutnya dalam waktu dekat.

Lokasi wisata Citamiang, berupa bumi perkemahan dengan fasilitas segudang yang menawarkan tema ekologi dan membuat pengunjung sangat dekat dan intim dengan alam Puncak, Bogor. Lokasi wisata Citamiang ini berada persis di kampung Pondok Rawa, desa Tugu Utara, kecamatan Cisarua, Bogor. Kurang lebihnya, tempat ini hanya berjarak 400 meter sebelum gerbang wisata Gunung Mas, kalau kalian datang dari arah kota Bogor.

Ketika sampai di objek wisata ini, pemkalianngan hutan pinus dan perkebunan teh hijau akan langsung disuguhkan ke mata kalian secara total. Tidak heran, tempat ini kerap dijadikan lokasi untuk melakukan kegiatan kemah hingga aktivitas luar ruangan lainnya (outbound). Berada di dataran tinggi kota Bogor, karena itulah wisata Citamiang memiliki suhu antara 17 hingga 25 derajat celcius.

Dengan ini, area wisata yang dikelilingi oleh perkebunan teh yang luasnya sangat besar akan menampakkan keindahannya tanpa cacat sedikitpun. Siapapun pengunjungnya, tidak mungkin tidak terkesima dengan panorama alam yang begitu indah. Lebih lagi, kesejukan yang alami khas alam akan kalian rasakan pada kulit kalian secara langsung. Aki jamin, betah berlama lama disini akan kalian alami. 100 persen pasti!

Untuk kalian yang suka dengan kegiatan berpetualang, jalur treking tersedia disini. Tentu saja, kalian bisa mencoba jalur ini demi mendapatkan pengalaman baru. Kalau kalian ingin menikmati petualangan bersama (tour), kalian bisa menguambil 7 unit pondokan yang tersedia yang terdiri dari bahan alami berupa bambu bambu hitam. Padepokan ini menghadap langsung pada pemkalianngan indahnya wisata Citamiang dari setiap sudut. Tentu saja, suasana seperti ini sangat cocok untuk kalian sekadar berkumpul, bercerita, maupun bersenda gurau.

Beberapa kolam renang juga tersedia. Dengan keberagaman kedalaman yang ada, kalian bisa menentukan sendiri ingin berenang di kolam yang mana. Untuk masuk ke kolam renang, tentu saja ada harga karcis yang harus kalian bayar lebih dulu. Dengan fasilitas yang cukup memanjakan wisatawan, tentu saja karcis tidak semahal yang kalian bayangkan. Pasalnya, fasilitas yang ada di kolam renang cukup modern. Sebut saja papan seluncur, ember tumpah, dan lainnya ada di kolam renang wisata Citamiang.

Banyak sekali para pecinta alam yang mendirikan kemah di lokasi ini. Bukan tanpa alasan, udara yang sejuk adalah salah satu faktor utama. Untuk kalian yang tidak tahan dingin, jangan lupa membawa jaket, ya! Kenapa? Karena siang saja udaranya sudah terbilang cukup dingin, jadi kalian perlu mempersiapkan bekal ketika malam hari menjelang. Pasalnya, suhu udara di wisata Citamiang bisa turun sewaktu waktu hingga 17 derajat celcius, lho!

Pada pagi hari, kalian bisa menikmati kegiatan treking di wisata Citamiang. Pun, kalau kalian hanya ingin sekadar sedikit berolahraga, jogging di sekitar kemah atau pondok tempat kalian menginap akan sangat mengasyikan. Lebih lagi, ketika kalian jogging, udara yang sejuk dan oksigen segar akan senantiasa menemani setiap aktivitas yang kalian lakukan. Sungguh luar biasa, ya? Semoga ulasan dari Aki dan beberapa tips di atas dapat membantu kalian memilih destinasi liburan yang tepat dan asyik, ya!

 

Sumber Foto: Wisata Favorit, Bogor Punya Wisata, Wallpaper Better, Kampung Rimba

About the author

Leave a Reply