Bogor memang dikenal sebagai salah stu daerah di Provinsi Jawa Barat yang memiliki banyak lokasi wisata. Tidak heran jika hal tersebut membuatnya selalu dikunjungi oleh banyak wisatawan dari berbagai daera khususnya Jakarta. Bahkan, ketika musim liburan tiba, dipastikan berbagai tempat dan sudut kota Bogor akan dipenuhi oleh wisatawan dari luar kota.

Salah satu jenis wisata yang banyak terdapat di kota hujan ini adalah wisata alam pegunungan. Hal ini memang tidak mengherankan, karena kawasan Bogor yang terletak di daerah pebukitan membuatnya memiliki berbagai wisata alam pegunungan yang menarik. Salah satu wisata alam di Bogor yang belum banyak dikenal adalah Goa Gudawang yang terletak di Kecamatan Cigudeg.

Goa Gudawang ini sendiri meupakan sebuah goa alam yang sudah dibuka untuk objek wisata semenjak tahun 1991. Di sekitar Goa Gudawang ini sendiri ada beberapa objek wisata lain yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi yakni Situs Batu Tapak, Sumur Tujuh dan Setu Cigudeg.

Salah satu yang menjadi keunikan dan daya tarik Goa Gudawang adalah adanya sungai yang mengalir di dalam goa tersebut. Tak hanya itu saja, Goa Gudawang ini juga memiliki tiga buah lubang yakni Goa Simenteng, Simasigit dan Sipanang. Ketiga lubang goa tersebut memiliki struktur yang hampir mirip satu dengan yang lainnya.

Ketika memasuki Goa Gudawang ini, kalian akan disuguhkan dengan suasana yang cukup memacu adrenalin. Pasalnya, jalan untuk masuk ke dalam goa tersebut terbilang cukup ekstrim dengan tangga berliku yang cukup curam dan licin. Tidak hanya itu saja, ketika beada di dalam goa, Anda akan menemui sumur sumber mata air yang segar dan biasanya diminum langsung oleh para pengunjung.

Di dalam goa yang bisa dibilang masih alami ini juga masih terdapat banyak hewan-hewan penunggu seperti kelelawar dan juga ikan-ikan yang banyak terdapat di sungai di dalam goa. Di sisi lain, di dalam Goa Gudawang ini terdapat sebuah batu unik bernama Gordam. Di mana, batu ini merupakan sebuah batu berwarna putih yang terbuat dari tetesan air stalakmit yang membuat bulatan besar menyerupai petakan sawah.

Untuk memasuki Goa Gudawang ini harus ditemani oleh pemandu yang siap untuk mengajak Anda berkeliling di goa ini. Tiket masuk ke dalam goa ini sendiri terbilang sangat murah yakni hanya mencapai Rp 3 ribu hingga Rp 4 ribuan saja. Dengan harga tiketnya yang sangat terjangkau tersebut, Anda bisa menikmati wisata alam yang unik dan menarik ini.

Biasanya, pengunjung dari Goa Gudawang ini datang dari latar belakang yang sangat beragam dan memiliki tujuan yang beragam pula. Bahkan, tidak jarang pula dikatakan jika pengunjung dari goa ini merupakan paranormal atau bahkan kelompok pengajian.

Untuk bisa mencapai objek wisata murah di Bogor yang satu ini, kalian hanya perlu menempuh beberapa menit perjalanan dari pusat kota Bogor. Jika kalian menggunakan angkutan umum maka kalian bisa menggunakan angkot trayek 03 dan berhenti di terminal Laladon. Dari terminal Laladon tersebut bisa melanjutkan perjalanan menggunakan angkot biu ke Simpang Bunar. Dan sampai di Simpang Bunar, gunakanlah jasa Ojek untuk mengantar kalian langsung ke lokasi.

Nah, dengan bebagai keindahan dan keunikan yang ditawarkan kawasan wisata Goa Gudawang ini, rasanya tempat ini pantas dikunjungi sebagai alternatif tempat wisata di kota Hujan ini. Pasalnya, dengan banyak nya wisatan yang berkunjung ketika liburan, tentu membuat kalian akan kesulitan menemukan objek wisata yang masih sepi dan jarang dikunjungi.

 

Sumber foto: The Nom, Priangan Asri, Anandastoon

About the author

Leave a Reply