Bogor kini mempunyai batik khas yang mengangkat kearifan lokal

Salah satu produk kebudayaan di Indonesia yang keindahannya sudah diakui dunia adalah batik. Jenis batik sendiri memang sangat beragam dan hampir disetiap daerah memiliki motif dan jenisnya masing-masing. Salah satunya adalah Kota Bogor yang semenjak 2009 lalu telah resmi memiliki batik khas yang dipelopori oleh rumah Batik Bogor Tradisiku.

Salah satu yang berada dibalik lahir dan berkembangnya batik khas Bogor adalah pria kelahiran Yogyakarta bernama Siswaya, yang berawal dari bencana gempa besar yang melanda kota Gudeg pada tahun 2006 lalu. Kala itu Siswaya yang sudah menetap di Bogor memutuskan untuk mengevakuasi lima orang pengrajin batik yang kehilangan mata pencehariannya karena diluluh lantahkan oleh gempa.

Tujuan utamanya ketika itu adalah untuk bisa memberi manfaat pada saudara-saudara daerah asalnya yang terkena musibah dan akhirnya semenjak itulah dirinya memutuskan untuk mulai membuat batik di Kota Hujan tersebut. Pada awalnya, Siswaya masih membuat batik di Bogor dengan menggunakan motif khas Jawa seperti yang banyak terdapat di Jogja maupun di Jawa Tengah. Namun, seiring berjalannya waktu, dirinya mulai menggandeng seniman, tokoh dan budayawan Bogor untuk bisa mencetuskan motif batik khas Bogor.

Akhirnya, pada tahun 2009 batik buatannya mulai dilirik oleh Pemkot Bogor. Tak lama setelah itu, karyanya tersebut pun dipatenkan oleh walikota Bogor ketika hari jadi Kota Bogor yang ke-527. Hal tersebut rupanya membuat batik karyanya tersebut semakin dikenal dan diminati lebih luas lagi. Bahkan, batik khas Bogor ini pun sempat diundang untuk mewakili Indonesia dalam acara fashion show di Fukuoka, Tokyo, Jepang. Berkat acara tersebut membuatnya mampu menjalin kerjasama dengan berbagai industri fashion di Negeri Matahari Terbit tersebut.

Apresiasi pun tidak hanya berdatangan dari luar negeri, hal tersebut terbukti dari banyaknya penghargaan yang sudah diraihnya mulai dari tingkat kota hingga bahkan tingkat nasional. Salah satu penghargaan yang sempat diraihnya adalah penghargaan produk inisiator dari Walikota Bogor, produk inovasi dari Gubernur Jawa Barat, penghargaan green industry dan gugus kendali mutu dari Kementerian Perindustrian.

Dengan berkembangnya batik khas Bogor yang diciptakannya tersebut, kini dirinya bahkan sudah mampu menggandeng lebih dari 25 lebih pengrajin untuk bisa membuat batik khas Bogor di Batik Bogor Kreasiku. Di rumah Batik Bogor Kreasiku tersebut, semua proses produksi dari batik khas Bogor ini dilakukan mulai dari tahapan awal hingga tahapan akhir. Bahkan, ditempat ini juga sering didatangi oleh para wisatawan yang tertarik melihat proses dari pembuatan batik kha Bogor hingga melihat kain-kain batik yang sudah jadi.

Saat ini, lebih dari 90 motif batik khas Bogor telah diproduksi di rumah Batik Bogor Kreasiku. Beberapa motif diantaranya menggambarkan ciri khas atau kearifan lokal dari Bogor itu sendiri. Diantaranya adalah motif kijang, kujang, talas, prasasti batu tulis, hujan, Istana Bogor, hingga bunga bangkai. Seperti di daerah lain, batik khas Bogor ini juga diproduksi dengan dua metode yakni metode tulis menggunakan canting dan juga metode batik cap.

About the author

Leave a Reply