Makan pakai piring sih sudah biasa, gimana kalau makan diatas pelepah daun pisang? Ternyata ini adalah tradisi yang sudah ada sejak lama loh! Makan diatas pelepah daun pisang, bukan karena gak punya piring tapi untuk melambangkan kebersamaan dan sebagai lambang semangat dalam kehidupan bermasyarakat.
Banyak orang yang ragu untuk mencoba makan di atas pelepah daun pisang, padahal faktanya Makan bersama di atas pelepah daun pisang ini juga punya beberapa manfaat cu, diantaranya :

1. Makan di daun pisang lebih sehat
Daun pisang punya senyawa polifenol yang disebut epigallocatechin gallate (EGCG). Polifenol merupakan antioksidan yang dapat mencegah masuknya penyakit.
makanan yang beralaskan atau terbungkus daun pisang akan otomatis menyerap polifenol dari daun tersebut sehingga tidak perlu proses khusus agar polifenol terserap.

2. Menggugah selerasa makan
Daun pisang mempunyai lapisan lilin alami. Lapisan ini akan meleleh dan membaur dengan makanan jika terkena panas makanan tersebut sehingga aka nada bau muncul yang bertugas untuk mengundang selera makan. Kebayangkan wangi nya daun pisang, hmmmm!

3. Ramah Lingkungan
Dibandingkan dengan piring plastic atau stereofoam, jelas daun pisang sangat ramah lingkungan

Penasaran pengen nyoba makan di atas pelepah daun pisang? Bumi Nini Puncak punya menu baru nih, namanya liwetan. Cucu bakalan makan nasi liwet plus lauk pauk yang menggugah selera, kebayang kan asiknya makan bareng-bareng keluarga, tapi inget jangan berebut ya!

About the author

Leave a Reply