Jika berbicara mengenai makanan khas yang ada di Indonesia memang sepertinya tidak akan ada habisnya. Salah satu yang paling menggugah selera menurut Aki adalah makanan khas dari tanah Sunda dengan nasi liwet jadi salah satu menu andalannya. Tapi selain nasi liwet, Aki juga punya beberapa rekomendasi yang perlu dicoba nih, siap – siap untuk laper ya cu!

  1. Nasi Timbel

Nasi timbel adalah salah satu masakan khas Sunda selain nasi liwet yang sudah sangat terkenal di Indonesia. Nasi Timbel biasanya terbuat dari campuran beras merah dan beras biasa yang di masak dengan dibungkus daun pisang dan disajikan dengan berbagai lauk pauk seperti ikan asin, ayam goreng, tempe goreng dan sambal.

Daun pisang yang dijadikan sebagai pembungkus Nasi Timbel ini juga punya wangi yang khas loh cu! Kalian bisa menemui Nai Timbel ini diberbagai warung makan atau restoran kha Sunda di seluruh Indonesia.

 

  1. Nasi Tutug Oncom

Makanan khas Sunda yang kedua yang tidak kalah nikmat dari Nasi Timbel adalah Nasi Tutug Oncom. Tidak berbeda dengan Nasi Timbel ataupun Nasi Liwet, masakan Sunda yang satu ini pun berbahan dasar Nasi atau beras. Yang membedakan adalah, seperti namanya Nasi Tutug Oncom ini memang diaduk dengan oncom bakar.

Meskipun kepopulerannya tidak setinggi Nasi Timbel ataupun Nasi Liwet, namun kenikmatan dari Nasi Tutug Oncom ini dijamin tidak akan membuat kalian kecewa dan jangan lupa untuk lauk pauk nya yang membuat makanan ini terasa lebih nikmat.

 

  1. Karedok

Karedok merupakan makanan yang memiliki citarasa hampir mirip dengan Gado-gado. Banyak yang tidak megetahui jika Karedok sebenarnya merupakan makanan khas Sunda. Hal ini tidak mengherankan, pasalnya Karedok memang sudah sangat membumi di berbagai kota di Indonesia. Sama halnya seperti Gado-gado, Karedok ini berisi aneka sayuran yang dicampur bersama dengan bumbu kacang.

Biasanya, Karedok ini disantap bersama nasi panas dengan lauk tempe ataupun tahu. Akan lebih enak jika kalian menyantap Karedok ini dengan taburan kerupuk renyah yang gurih.

 

  1. Lotek

Hampir mirip dengan Karedok, Lotek juga merupakan makanan khas Sunda yang berisi akan sayuran. Bahkan, bumbu yang digunakan makanan yang satu ini pun sama seperti Karedok yakni bumbu kacang dengan sayur sayuran mentah sebagai bahan utamanya. Lotek biasanya disajikan dengan potongan lotong maupun ketupat serta lauk pelengkap kerupuk udang.

 

  1. Asinan Bogor

Dari namanya, tentu kalian sudah bisa mengetahui jika makanan khas Sunda yang satu ini berasal dari daerah Bogor. Asinan Bogor ini sendiri ada beberapa jenis yakni asinan sayur, asinan buah dan asinan campur. Jangan terkecoh dengan nama asinan bogor ini ya cu, rasanya bukan asin tapi segar loh!

Asinan Bogor ini sendiri biasanya dijadikan sebagai sebuah makanan penutup karena rasanya yang menyegarkan. Namun demikian, tidak jarang juga makanan yang satu ini dijadikan sebagai makanan utama.

Nah, itulah beberapa daftar makanan khas Sunda yang bisa kalian pilih dan cicipi untuk memuaskan harat kuliner Anda. Aki merekomendasikan beberapa makanan diatas untuk dinikmati bersama orang terdekat ya cu, selamat menikmati!

 

Sumber foto: Jateng Live, Resep Harian, Prima Rasa, Ning Kombucha, Pegi Pegi, Honey Combers

About the author

Leave a Reply