Bogor hinga saat ini masih menjadi salah satu tempat wisata favorit warga Jakarta dalam menghabiskan akhir pekan atau liburannya. Bukan tanpa alasan, selain lokasinya yang dekat dengan Ibukota, Bogor juga dikenal memiliki udara sejuk dan juga tempat-tempat wisata yang menarik. Tentu saja, salah satu tempat wisata favorit warga Jakarta jika ke Bogor adalah kawasan wisata Puncak yang sudah sangat terkenal. Nah, di kawasan Puncak ini memang terdapat banyak sekali lokai wisata yang bisa Kalian kunjungi salah satunya adalah Taman Wisata Riung Gunung.

Terletak di daerah Puncak, Taman Wisata Riung Gunung memiliki suasana tenang dan sejuk khas pegunungan di Bogor. Nama Riung Gunung sendiri diambil dari suasana yang ada di kawasan tersebut. Di mana, dalam Bahasa Indonesia Riung Gunung dapat diartikan sebagai gunung-gunung yang saling berhadapan. Nah, dari namanya tersebut tentu kalian sudah bisa membayangkan seperti apa keindahan dari kawasan wisata ini.

Salah satu yang menjadi daya tarik utama dari Taman Wisata Riung Gunung ini adalah pemkalianngan kebun teh yang hijau dan asri yang sangat cocok untuk berfoto. Tak hanya berfoto, pengunjung juga bisa melakukan berbagai kegiatan menarik di tempat ini. Tidak hanya itu saja, Kalian juga bisa mengunjungi sevuah villa yang pernah didatangi oleh Presiden pertama Indonesia Soekarno.

Seperti yang sudah dikatakan diawal, Taman Wisata Riung Gunung ini masih berada di kawasan wisata Puncak. Sehingga tempat ini memang sangat mudah untuk dijangkau wisatawan khususnya dari Jakarta. Di mana, untuk lokasi tepatnya sendiri berada 3 km dari pintu masuk Taman Safari Indonesia. Tentu saja, dengan lokasinya yang sangat mudah dijangkau tersebut membuatnya sangat mudah untuk dikunjungi wisatawan.

Berbagai kegiatan yang bisa kalian lakukan ketika di Taman Wisata Riung Gunung ini sangat beragam, diantaranya adalah:

  • Tea Walk

Tea walk merupakan kegiatan mengelilingi perkebunan teh yang ada sembari menikmati segarnya udara.

  • Wisata Kuliner

Selain berjalan-jalan dikebun teh yang masih asri dan alami, Kalian juga bisa melakukan wisata kuliner diberbagai restoran yang tersedia di tempat ini. Tentunya menu-menu ang disediakan di resto tersebut sangat lezat dan nikmat.

  • Fying Fox

Jika Kalian menyukai kegiatan yang menantang, Kalian layak mencoba wahana flying fox yang ada di Taman Wisata Riung Gunung ini. Di mana, dengan mencoba wahana tersebut adrenalin Kalian akan dipacu dengan cepat.

Tidak hanya itu saja, karena lokasinya yang sangat strategis ini, kalian juga bisa menginap di sini dan mengunjungi tempat wisata lain disekitanya. Di mana, disekitar Taman Wisata Riung Gunung ini ada beberapa tempat wisata yang sudah sangat terkenal seperti Taman Safari atau Agrowisata Gunung Mas.

Untuk bisa memasuki kawasan Taman Wisata Riung Gunung ini pun sangat murah yakni hanya Rp 5 ribu per rang. Sementara itu, jika Kalian ingin menikmati fasilitas lain seperti outbond atau flying fox, Kalian hanya pelu membayar biaya tambahan sebesar Rp 15 ribuan. Bahkan, jika kalian ingin menginao di penginapan yang ada di sini pun sangat murah yakni hanya bekisar antara Rp 100 hingga Rp 150 ribuan.

Tentunya, dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan tersebut membuat Taman Wisata Riung Gunung ini layak dijadikan sebagai destinasi berlibur kalian. Kalian bisa menggunakannya sebagai destinasi utama berlibur atau bahakan hanya untuk sekedar menginap untuk mengunjungi tempat disekitarnya.

 

Sumber Foto: Jejak Sandal, Cimanggung Bogor, Pexels

About the author

Leave a Reply