Menjelajahi Curug Pangeran Gunung Bunder Bogor

Berada dikawasan pegunungan, Bogor dikenal memiliki cuaca sejuk dengan beragam panorama alam yang memanjakan wisatawan. Tidak heran jika setiap musim liburan tiba, Bogor menjadi destinasi favorit wisatawan lokal khususnya dari ibu kota Jakarta. Salah satu yang paling terkenal tentunya adalah wisata alam puncak yang kepopulerannya sudah tidak diragukan lagi. Namun demikian, wisata alam di Bogor sebenarnya tidak melulu di daerah sekitar kawasan Puncak saja, salah satunya adalah Curug Pangeran Gunung Bunder.

Curug Pangeran ini terletak di kawasan Gunung Salak atau tepatnya di taman wisata Gunung Bunder. Curug ini sendiri merupakan salah satu dari beberapa curug atau air terjun yang berada di kawasan taman wisata tersebut. Salah satu yang menarik dari curug Pangeran adalah lokasinya yang bisa dibilang masih belum terlalu ramai oleh wisatawan.

Dengan suasananya yang masih belum terlalu ramai, curug ini memang sangat cocok Anda gunakan untuk menenangkan pikiran dan jiwa. Kondisinya yang masih belum ramai tersebut tidak lepa dari lokasinya yang cukup jauh dari pusat kota Bogor dan memakan waktu lama untuk bisa menempuhnya. Namun demikian, meskipun jauh dan memakan waktu yang cukup lama, akses untuk menuju wilayah atau kawasan wisata curug Pangeran Gunung Bunder Bogor ini terbilang sudah bagus.

Untuk Anda yang tertarik untuk mengunjungi curug Pangeran ini, bisa datang ke daerah Pamijahan dan bertanya ke warga masyarakat sekitar. Meskipun seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, jika lokasi wisata ini memang masih sepi pengunjung dan cukup jauh dari pusat kota, namun failitas penunjangnya sudah cukup baik. Bahkan, di kawasan wisata curug Pangeran Gunung Bunder Bogor ini pun telah disediakan toilet umum dan juga tempat parkir yang cukup luas.

Tiket masuk yang dikenakan untuk bisa mengunjungi wisata curug Pangeran Gunung Bunder Bogor ini pun sangat murah yakni hanya Rp 5000 saja yang ditambah dengan biaya parkir tidak sampai Rp 10000. Untuk sampai ke curug Pangeran, Anda harus melakukan hiking atau berjalan kaki sejauh kurang lebih 500 meter. Medan yang dilalui untuk berjalan kaki tersebut memang masih berupa bebatuan sehingga Anda harus berhati-hati menapakinya.

Meskipun medan yang harus ditempuh masih bebatuan, namun Anda tidak akan merasa lelah atau bosan di sepanjang perjalanan 500 meter tersebut. Pasalnya, sepanjang jalan setapak tersebut akan disuguhi dengan pemandangan alam yang masih asri dan indah. Tidak hanya itu saja, kita juga akan merasakan aura ketenangan dengan suara air terjun yang sangat merelaksasi pikiran.

Terlebih lagi jika sudah sampai di lokasi wisata curug Pangeran Gunung Bunder Bogor, rasa lelah selama pejalanan tentu akan langsung hilang seketika. Pasalnya, meskipun curug ini tidak terlalu tinggi namun airnya yang jernih dan kebiruan membuatnya terlihat begitu menawan. Menikmati segar dan jernihnya air di curug Pangeran menjadi salah satu pelepas lelah terbaik, diluar dari area kemah atau kamping di lokasi wisata yang masih bisa dinikmati bersama keluarga atau sahabat tercinta.

 

Sumber foto : wisata-tanahair, wisata tempatku

About the author

Leave a Reply