Masih ingat beberapa waktu lalu sempat beredar foto yang misterius keluarga mantan presiden SBY di Istana Cipanas yang disinyalir terlihat penampakan? Memangnya benar Istana Cipanas yang merupakan tempat bersejarah adalah tempat yang angker?

Keberadaan hal-hal mistis itu tidak diketahui apakah memang dari dahulu sudah ada ‘penunggunya’ atau memang sengaja ditaruh untuk memagari area di sekitar itu atau di sejumlah ruangan sekitarnya untuk menangkis dari hal-hal yang gaib.

Istana Kepresidenan Cipanas ibangun pada tahun 1740 oleh orang Belanda bernama Van Heots, yang didirikan pada ketinggian 1.100 mdpl, di kaki Gunung Gede di atas areal kurang lebih 26 hektar dengan luas bangunan sekitar 7.760 meter persegi.

Tahun 1916, pada masa pemerintahan Hindia Belanda di bangun tiga bangunan dengan nama Paviliun Yudistira, Paviliun Bima dan Paviliun Arjuna. Pada tahun 1954, di masa Presiden Pertama Republik Indonesia, Soekarno, didirikan sebuah gedung lagi berhiasan batu bertentuk bentol sehingga disebut Paviliun Bentol

Bentoel sendiri menurut arti dari bahasa sunda berarti padanannya dan menurut bahasa Indonesia sendiri berarti bekas gigitan nyamuk. Lengkapnya fasilitas diIstana ini yang membuat Presiden Soekarno sangat menyukai Istana ini dan sempat menjadi tempat rapat Kabinet Soekarno pada masa itu.

Menurut catatan arkeolog di sekitar Istana tersebut terdapat tiga gunung yang dianggap angker pada masa mataram Sultan Agung. Gunung-gunung tersebut adalah gunung Halimun, Salak dan gunung Gede. Di mana Istana Cipanas ini letaknya di antara ketiga gunung itu. Lokasi di tengah-tengah ini membuat istana ini dilimpahi energi alam gaib yang besar.

Pada penuturan penjaga dari Istana Cipanas ini sendiri, beliau menuturkan pernah melihat dengan matanya sendiri penampakan tentara belanda yang berjaga. Ketika beliau melihat penampakan ini beliau menyampaikan bahwa tentara ini memakai seragam tentara Belanda lengkap dengan senjata laras panjangnya. Banyak yang mempercayai penampakan ini karena terdapat tentara Belanda yang yang pernah meninggal di istana tersebut.

Jadi, gimana Cu? Berani mampir ke Istana Cipanas sendirian?

 

Sumber: Garuda Citizen, Vonvon

About the author

Leave a Reply