Rekomendasi Tempat Hiking Terbaik di Bogor

Hiking merupakan sebuah aktivitas luar ruangan yang saat ini mulai memiliki banyak penggemar di Indonesia. Selain menyehatkan, hiking juga menyenangkan karena kita bisa mengetahui tempat-tempat baru dengan pemandangan yang indah. Meskipun tergolong kegiatan ekstrem, hiking atau mendaki tetap layak dilakukan untuk berwisata dan merelaksasi tubuh. Nah, jika berpikiran mendaki gunung harus dilakukan oleh pendaki profesional dengan berbagai persiapan lama nampaknya harus mengetahui dan membaca ulasan kali ini sampai selesai.

Ya, ada beberapa tempat atau gunung yang bisa menjadi tempat hiking terbaik untuk para pemula. Di mana, beberapa tempat tersebut tidak membutuhkan persiapan yang terlalu lama untuk bisa didaki. Baiklah, langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

 

  1. Gunung Suling

Tempat hiking terbaik yang pertama adalah Gunung Suling yang terletak tidak jauh dari pusat kota Bogor atau tepatnya di kawasan Rumpin. Letaknya yang tidak jauh dari kota Jakarta, membuatnya kerap dijadikan tempat hiking favorit warga Jakarta di akhir pekan atau musim liburan. Ketinggian dari Gunung Suling ini memang tidak terlalu tinggi yakni hanya mencapai 400 mdpl. Hal tersebut membuatnya sangat cocok digunakan untuk hiking para pemula. Untuk diketahui, Gunung Suling ini sendiri memiliki dua puncak yakni Puncak Karang Gantung dan Puncak Batu Bentang.

 

  1. Gunung Endut

Tidak jauh dari Gunung Suling, di kawasan Rumpin juga ada tempat hiking terbaik untuk pemula lainnya yang bisa  dikunjungi yakni Gunung Endut. Sedikit lebih tinggi dari Gunung Suling, Gunung Endut ini memiliki ketinggian mencapai 600 mdpl. Medan hiking di Gunung Endut ini terbilang masih cukup liar karena memang jarang dijamah oleh para pendaki atau travellers.

 

  1. Gunung Batu

Terletak di daerah Jonggol, Gunung Batu juga bisa menjadi alternatif lain untuk tempat hiking terbaik dengan ketinggian 875 mdpl. Untuk bisa melakukan hiking di Gunung Batu ini, bisa memilih dua jalur berbeda yakni menggunakan jalur Jonggol ataupun jalur Citereup. Selama hiking di tempat ini, akan disuguhkan dengan pemandangan menarik yang seperti sungai, sawah hingga barisan bukit yang tampak begitu menawan.

 

  1. Gunung Munara

Gunung Munara merupakan salah satu gunung yang juga berada di kawasan Rumpin sepeti halnya Gunung Suling dan Gunung Endut. Namun, jika kedua gunung di kawasan Rumpin sebelumnya memiliki ketinggian yang di bawah 1000 mdpl, hal tersebut berbeda halnya dengan Gunung Munara ini. Pasalnya, Gunung Munara ini memiliki ketinggian 1119 mdpl yang membuatnya layak dan ideal untuk hiking pemula maupun yang sudah profesional.

 

  1. Gunung Kencana

Tempat hiking terbaik di Bogor yang terakhir ini berada dikawasan Cisarua yang sudah sangat terkenal dengan beragam wisata alamnya. Gunung Kencana yang memiliki ketinggian 1802 mdpl ini sangat cocok dan ideal untuk dijadikan tempat hiking terbaik. Selain itu, pemandangan alam yang ditawarkan oleh Gunung Kencana ini pun cukup menawan dengan ragam vegetasi hutan yang masih lebat.

Nah, demikian beberapa tempat hiking terbaik di Bogor yang bisa dikunjungi untuk melakukan aktivitas hiking atau mendaki. Dengan ketinggiannya yang maih bisa dibilang tidak terlalu tinggi, membuat beberapa tempat di ata sangat layak dikunjungi untuk para pemula.

About the author

Leave a Reply