Untuk seluruh warga lokal Cianjur, nama objek wisata gunung Padang pasti sudah sangat dikenal dan memang populer. Yap, gunung Padang adalah salah satu situs megalitikum terbesar di Asia. Terletak persis di Selatan Kota Cianjur, gunung Padang adalah salah satu yang tidak bisa kalian lewatkan keberadaannya.

Keberadaan gunung Padang memang sangat menggoda dunia pariwisata. Terlebih, dengan letaknya yang ada di Cianjur, dengan panorama alam pegunungan dan sejuknya hawa, eksotisme alam disini sangat mendukung sebagai daerah pariwisata. Apalagi, nilai historis pada gunung Padang sangat kental sekali sebagai benda sejarah purbakala.

Untuk kalianyang ingin lebih mudah akses menuju gunung Padang, kalian bisa melewati salah satu kampung yang terletak dekat dengan situs ini. Sundaland namanya. Sundaland adalah kampung yang juga sebagai jalur alternatif untuk kalian mampir untuk sekadar kunjungi dan makan bersama keluarga, teman, orang yang dikasihi, dan komunitas. Dengan tema Sunda yang sangat kental, restoran ini sangat mempunyai ciri khas dan sangat sayang untuk dilewatkan.

Menurut data dari beberapa penelitian yang pernah dilakukan, Sundaland (paparan Sunda) adalah kawasan yang juga berfungsi sebagai penghubung dari pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Semenanjung Malaka.

Penelitian pernah dilakukan oleh Oppenheimer, kawasan ini pernah tenggelam akibat naiknya permukaan air laut hingga 500 meter pada periode 7.000 hingga 14.000 tahun yang lalu. Di buku berjudul “Atlantis, The Lost Continent Finally Found, The Definitive Localization of Plato’s Lost Civilization”, ynag dibuat oleh Profesor Arysio Santos (2005), Sundaland ialah benua Atlantis. Untuk kalian yang belum mengetahui apa itu Atlantis, ini adalah sebutan penulis Plato dalam tulisannya, yakni Timeus dan Critias.

Lepas dari sejarah masa lampau, Sundaland ialah salah satu objek wisata dengan nuasa Sunda yang sangat kental. Terletak sangat dekat dengan situs megalitikum gunung Padang, Sundaland adalah salah satu destinasi yang wajib kalian kunjungi. Lokasi persis keduanya ada di desa Karyamukti, kecamatan Campaka, kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Di Sundaland, banyak sekali tempat untuk berfoto yang sangat “Instagram-able”. Lebih lagi, dengan nuansa pegunungan hijau, udara yang sejuk, dan alam asri, tentu saja kawasan ini tidak kalah menarik bila dibandingkan dengan Taman Nasional Cibodas. Alasan kalian tidak boleh melewatkan objek wisata Sundaland adalah, tempatnya sangat mudah dijangkau karena persis ada di samping terminal gunung Padang.

Dengan datang ke Sundaland ketika kalian berada di Cianjur, akan sangat lengkap pengalaman kalian menikmati suasana jaman dulu ala pedesaan Sunda. Bukan hanya itu, dengan mengunjungi berbagai objek wisata di Cianjur, termasuk Sundaland, secara tidak langsung kalian sudah menyumbangkan pendapatan pada masyarakat sekitar yang mempunyai ekonomi kurang mampu. Lebih lagi, pemerintah kabupaten akan sangat terbantu sekali dengan kunjungan wisatawan yang meningkat. Dibalik kepopuleran objek wisata ini, ternyata muncul juga berbagai objek wisata baru di kota yang sering disebut dengan kota Santri ini.

Walaupun belum terlalu banyak dikenal bahkan saya sendiri baru mengetahui keberadaan objek wisata ini namun kehadirannya menambah indeks pariwisata bagi Cianjur sendiri. Belum terlalu dijamah dan sering dikunjungi oleh wisatawan, objek wisata di Cianjur ini memang masih sangat asri. Aki juga baru kemarin loh mampir ke salah satu bbjek wisata di Cianjur ini! Cucu kapan rencana mampir ke Sundaland?

About the author

Leave a Reply