Surga Tersembunyi Kampung Paseban

Selain kaya akan wisata alamnya, Bogor dikenal memiliki kebudayaan Sunda yang sangat kental dengan berbagai sejarahnya. Hal ini menjadi salah satu daya tarik lain wisata dari Bogor yang juga kerap dicari oleh para wisatawan dari berbagai daerah. Nah, jika kalian adalah salah satu wisatawan yang mencari suasana tersebut maka harus mengunjungi Kampung Budaya Sunda Paseban yang terletak di Kota Bogor ini.

Lokasi tepat dari surga tersembunyi Kampung Paseban ini sendiri berada di kawasan wisata Megamendung yang sudah tidak asing lagi bagi para wisatawan ibukota. Sesuai namanya, tempat yang satu ini memang menawarkan suasana perkampungan khas Sunda yang begitu damai dan asri. Letaknya yang berada di ketinggian 1100 mdpl membuat cuaca di tempat ini selalu sejuk dan segar membuat wisata Kampung Paseban ini menjadi salah satu favorit masyarakat perkotaan yang ingin menepi dari hiruk pikuk perkotaan yang sibuk.

Ada beragam hal yang bisa dinikmati di tempat ini selain ketenangan dan suasana nyaman. Diantaranya adalah pertunjukan penta seni tradisional seperti wayang kulit, pencak silat, tari tradisional, kecapi suling, gamelan, musik khas Sunda dan beragam kesenian tradisional lainnya. Tidak hanya itu saja, beragam fasilitas pun bisa dinikmati di tempat wisata Kampung Paseban ini mulai dari gazebo, gardu pandang, cafe, camp ground atau bahkan penginapan.

Tidak hanya nyaman untuk bermalan atau sekedar menghabiskan waktu, di Kampung Paseban juga bisa mendapatkan beragam foto menarik dengan latar belakang yang begitu menawan. Salah satu spot yang kerap menjadi favorit para wisatawan untuk berfoto ria adalah spot gardu pandang, yaitu spot yang satu ini mirip dengan spot selfie Kalibiru yang ada di Jogja. Ada pula spot foto bernama stone garden yang juga kerap dijadikan lokai foto favorit pengunjung yang menawarakan suasana yang cukup unik dengan susunan batu yang membuatnya terlihat seperti di jaman megalitikum.

Ramahnya wisata Kampung Paseban terhadap wisatawan keluarga, ditunjukkan dengan area khusus untuk bermain anak-anak yang mempunyai beberapa permainan seperti ayunan dan juga hamparan rumput yang bisa digunakan untuk bermain secara bebas oleh anak-anak.

Nah, bagi yang tertarik untuk berkunjung ke surga tersembunyi Kampung Paseban ini akses yang dilalui pun sangat mudah. Di mana, Kampung Budaya Paseban ini berada di Jl. Tegal Luhur, Megamendung, Bogor, Jawa Barat. Selain akses yang mudah, tiket masuk untuk obyek wisata ini pun terbilang sangat murah dengan beragam fasilitasnya. Untuk bisa menikmati keindahan dari Kampung Paseban ini hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 5000 saja. Namun, jika ingin menginap di penginapan yang tersedia Anda tentu harus membayar biaya penginapan tersebut yang biasanya sekitar Rp 500.000 untuk satu malam.

About the author

Leave a Reply