Kita diajak kembali hidup sehat untuk kuat berhadapan dengan beragam virus dan penyakit. Termasuk melawan virus corona jenis baru.

Salah satu cara melawan penyakit atau meningkatkan daya tahan tubuh di antaranya dengan makan sehat, menghindari stres, dan berolahraga. Salah satu bahan alami yang populer disebut sebagai ‘penangkal’ corona adalah rempah-rempah.

Guru Besar Universitas Airlangga (Unair) Surabaya Prof Dr Mangestuti Agil mengajak masyarakat masyarakat kembali mengoptimalkan rempah tradisional. Berikut manfaatnya di bawah ini.

1. Kunyit

Kunyit memiliki senyawa aktif kurkumin yang memiliki aktivitas antiinflamasi, analgetik, dan imunomodulator. Selain itu kunyit juga mengandung zat aktif yang khas, yaitu curcuminoide dan ukanon untuk daya tahan tubuh.

2. Pegagan

Sebagai imunomodulator pada penyakit yang membutuhkan pertahanan sistem imun seluler maupun humoral. Kandungan senyawa glikosida triterpenoid dan asiaticoside mempercepat perbaikan sel-sel kulit dan meningkatkan daya tahan tubuh.

3. Kayu Manis

Kayu manis kaya akan antioksidan, bahkan menjadi salah satu rempah dengan kandungan antioksidan tertinggi. Antioksidan ini bisa melindungi tubuh dari beberapa penyakit, misalnya flu.

5. Bawang putih 

Keunggulannya adalah meregulasi hormon, aliran darah. Bawang putih memiliki fungsi dalam meningkatkan kekebalan. Mengandung allicin, sebuah komponen kuat yang dapat menghancurkan bakteri dan infeksi.

7. Sereh

Sereh mengandung beberapa jenis antioksidan untuk memberantas radikal bebas di dalam tubuh menyebabkan penyakit. Antioksidan di dalamnya termasuk asam klorogenik, isoorientin, dan swertiajaponin.

8. Temulawak

Tanaman temulawak ini berkhasiat untuk membantu menurunkan peradangan pada paru-paru dan juga berfungsi sebagai antioksidan untuk tubuh.

9. Jahe

Jahe terkenal sebagai pereda flu dan batuk. Selain menghangatkan tubuh, kandungan dari jahe juga mampu membersihkan racun dalam paru-paru.

Kita bisa mencoba salah satu menu baru di Bumi Aki, yaitu Es Jejali Kunyit Asam. Es Jejali Kunyit Asam adalah paket lengkap untuk daya tahan tubuh karena mengandung Jeruk nipis, jahe, kunyit dan asam. Jahe dan jeruk sangat ampuh mendetoksifikasi dan memasok vitamin C serta antioksidan ke dalam tubuh. Kunyit terkenal dengan kandungan antioksidannya yang membantu mengurangi resiko kanker. Sementara itu asam jawa membantu para wanita untuk langsing.

About the author

Leave a Reply