Tradisi Perayaan Lebaran di Negara Non Muslim

Berbagai macam tradisi di bulan Ramadhan adalah salah satu hal yang paling ditunggu, terlebih jika sudah mendekati hari kemenangan. Berbagai tradisi dan festival dilakukan di setiap daerah dengan berbagai macam keunikannya, namun ada 3 tradisi Idul Fitri di luar negeri yang cukup unik untuk diketahui. Berikut ini adalah 3 tradisi Idul Fitri di negara yang mayoritasnya merupakan non muslim.

 

  1. Perayaan Idul Fitri di India

Merayakan hari kemenangan setelah bulan Ramadhan, India mempunyai salah satu tradisi Lebaran yang cukup unik, salah satunya adalah bertukar kado. Tradisi ini sudah turun temurun dilakukan terutama di Kota Hyderabad, Kalkota dan New Delhi.

 

  1. Keberagaman Idul Fitri di Amerika

Dikenal sebagai negara liberal, Amerika memiliki tradisi antara percampuran suku atau kelompok muslim disana yang merupakan imigran dari Timur Tengah, Afrika dan Asia. Dalam Idul Fitri di Amerika, keunikan yang ada berasal dari akulturasi budaya para suku atau kelompok yang membuat masyarakat umum dapat menikmati berbagai perayaan yang digelar oleh institusi muslim disana.

 

  1. Kemeriahan Idul Fitri di China

Agama Islam bukanlah agama mayoritas di daratan China, namun selalu ada perayaan yang sangat meriah di daerah para kelompok muslim menetap, seperti Provinsi Xianjiang dan Qinghai. Umumnya, setelah shalat Ied, warga muslim di China akan bernyanyi diiringi dengan tarian – tarian hingga akhirnya akan berkunjung ke rumah tetangga untuk bersilaturahmi dan diakhiri dengan pertunjukan wushu yang diadakan di Masjid Niujia yang berada di Beijing.

 

Menyambut hari kemenangan yang tinggal beberapa hari lagi, Nini dan Aki mengucapkan Minal Aidzin Walfaidzin mohon maaf lahir dan bathin, ditunggu kedatangan nya di Bumi aki dan Bumi Nini ya Cu!

About the author

Leave a Reply