Tentu kalian sering mengetahui teman atau orang yang gemar makan tapi memiliki badan yang ideal atau bahkan kurus. Bagi sebagian orang, hal ini tentu membuat iri dan juga penasaran. Hal ini tidak mengherankan, pasalnya banyak orang yang justru mengalami hal sebaliknya. Banyak orang yang ingin mengetahui rahasia makan banyak tapi tidak gemuk seperti yang banyak terjadi pada sebagian orang. Sebenarnya, ada berbagai faktor yang bisa menjadi penyebab hal tersebut bisa terjadi. Nah, nerikut ini adalah beberapa cara makan banyak tapi tidak gemuk yang bisa kalian lakukan.

  1. Makan Sesering Mungkin

Terkadang banyak orang yang berusaha untuk diet dengan membatasi pola makannya. Namun, hal tersebut rupanya merupakan suatu hal yang tidak baik dan salah. Bahkan, tidak jarang seseorang yang melakukan diet dengan cara tersebut justru membuatnya menjadi lebih gemuk. Kalian sebenarnya bisa menjaga berat badan ideal justru dengan menambah pola makan menjadi lebih sering.

Ya, berdasarkan banyak penelitian orang yang makan lebih sering justru memiliki berat badan yang ideal. Namun perlu dicatat, porsi dalam tiap kali makan tidak boleh banyak dan harus secukupnya. Hal ini memang bukan tanpa alasan, pasalnya makan lebih sering akan membuat metabolisme tubuh lancar dan berat badan tetap stabil.

  1. Kunyah Makanan Sampai Halus

Rahasia makan banyak tapi tidak gemuk yang kedua adalah dengan mengunyah makanan sampai benar-benar halus. Hal ini memang sangat jarang diperhatikan olehbanyak orang. Namun rupanya, hal sekecil ini pun bisa mempengaruhi sistem pencernaan yang bisa berakibat pada kegemukan.

Ketika Kalian mengunyah makanan hingga halus, kandungan kalori yang akan diserap tubuh pun lebih banyak. Hal ini sangat baik, pasalnya dengan banyaknya kalori yang mampi diserap tubuh maka lemak jenuh yang akan menumpuk menjadi lebih sedikit. Untuk itulah, jika Kalian ingin makan banyak tapi tidak gemuk, perhatikan cara mengunyah makanan yang benar.

  1. Minum Air yang Cukup

Air putih sangatlah penting bagi tubuh manusia, pasalnya dengan air yang cukup metabolisme tubuh akan berjalan lancar. Metabolisme yang lacar akan membuat sistem kerja tubuh kita berjalan dengan normal. Sehingga, dengan demikian kemungkinan lemak mengendap di dalam tubuh kita akan semakin kecil.

Untuk itulah, cara makan banyak tapi tidak gemuk salah satunya adalah dengan meminum air putih yang cukup. Seperti yang banyak disarankan minumlah 8 gelas air putih dalam satu hari.

  1. Olahraga Teratur

Olah raga sangatlah penting untuk bisa membuat metabolisme dan sistem kerja di dalam tubuh berjalan normal. Dengan olah raga yang teratur, tubuh akan tetap bugar dan membuat metabolisme tubuh berjalan baik. Lakukan lah olahraga secara teratur minimal 150 menit dalam 1 minggu.

Tentu, jika Kalian sibuk kalian bisa melakukan olah raga sederhana seperti push up ataupun squad jam. Namun, tentunya alangkah lebih baik jika Kalian meluangkan waktu untuk bisa berolah raga.

  1. Sarapan

Siapa sangka, sarapan juga menjadi salah satu rahasia makan banyak tapi tidak gemuk. Padahal, banyak orang yang terkadang menganggap remeh sarapan ini dan menganggapnya tidak terlalu penting. Padahal, dengan kalian makan pagi atau sarapan bisa membuat berat badan tubuh Kalian tetap terjaga.

Pasalnya, biasanya orang yang tidak makan pagi atau sarapan ketika makan siang akan lebih rakus. Bahkan, menuut penilitan dari American Journal of Epidemiology mengatakan jika oang yang sarapan rata-rata hanya mengalami pertambahan berat badan sebanyak 0,85 kg. Hal ini berbeda dengan mereka yang tidak sarapan yang bisa mengalami pertambahan berat bada hingga 1,5 kg.

Nah, itulah beberapa rahasia makan banyak tapi tidak gemuk yang bisa kalian lakukan. Namun demikian, beberapa cara di ata tidaklah mutlak terjadi pada semua orang. Pasalnya, ada beberapa orang yang karena faktor keturunan sehingga sulit untuk bisa menjaga berat badan yang ideal.

 

Sumber Foto: Indonesian Tatler, Flavor Verse, Pinterest, Health

About the author

Leave a Reply