Kali ini, Aki mau ngajakin Cucu mampir ke salah satu Vihara unik yang ada di Bogor. Dengan adanya patung Buddha Tidur dengan panjang yang mencapai 18 meter dengan tinggi 5 meter yang ada di Vihara Buddha Dharma & 8 Pho Sat, bagaimana tidak para wisatawan sangat tergoda untuk mengunjungi tempat ini? Tentu saja objek wisata yang unik dan terletak di Bogor ini amat membuat wisatawan lokal tertarik mengunjunginya. Pertanyaannya, apakah kalian sudah tahu bagaimana cara mampir ke Viraha unik di Bogor ini?

Vihara Buddha Dharma & 8 Pho Sat mempunyai letak persis yang ada di kampung Jati RT 002/06 desa Tonjong, kecamatan Tajur Halang, kabupaten Bogor, Jawa Barat. Untuk sekadar mampir dan mengunjungi vihara ini, ada beberapa cara yang dapat kalian tempuh. Beberapa cara seperti: naik motor, bus, angkutan kota Bogor, dan kereta api, sangat mungkin kalian lakukan.

Dengan angkutan kota bernomor 06 dengan tujuan Parung – Bogor ini melewati Vihara. Setelah naik angkutan umum ini, kalian bisa turun di titik PWRI atau makan bernama Giri Tama. Untuk biaya angkutan umum, cukup murah, hanya berkisar Rp 5.000. Ketika sampai di tempat perhentian sementara, ada dua opsi yang bisa kalian lakukan guna mencapai Viraha Buddha Dharma 8 Pho Sat, yakni: berjalan kaki, dan naik ojek. Kalo Aki sama Nini waktu main kesini sih jalan kaki aja. Lebih sehat dan bisa menikmati suasana sekitar! Kurang lebih setelah 20 menit berjalan kaki, Cucu bakal sampai ke lokasi.

Ketika sampai di vihara, sebuah stupa terletak di depan tembok hitam dengan motif pahatan orang Buddha sedang beribadah, stupa Sidharta Gautama, pohon-pohon, dan motif lain yang berwarna emas menyambut. Warna merah mendominasi bangunan peribadatan umat Buddha ini. Di bagian atas gapura, motif bunga-bunga terlukis. Biru, hijau, dan merah muda menemani warna merah.

Disini, terdapat patung Buddha Tidur dengan panjang 18 meter dan tinggi 5 meter. Taukah kalian kalau di vihara ini menyimpan patung Sleeping Buddha terbesar seluruh Indonesia? Patung besar ini tidur “nyenyak” dibawah atap salah satu bangunan di vihara. Terlihat di sisi kiri dan kanan Sleeping Buddha terdapat miniature Buddha yang berjajar dalam lemari kaca.

 

Sumber Foto: Pojok Satu, Jadwal Dharma

 

About the author

Leave a Reply