Objek wisata kekinian yang Instagramable kian menjamur di Kabupaten Bogor. Salah satu objek wisata yang akhir-akhir ini ramai dikunjungi muda-mudi Bogor adalah wisata gardu pandang yang terletak di Curug Ciherang.

Curug Ciherang sendiri merupakan wisata air terjun yang populer di Kabupaten Bogor. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter. Airnya tidak langsung jatuh ke dasar, tetapi bertingkat sehingga pengunjung tetap bisa bermain air di bawahnya. Debit air di sini cukup besar dan jernih sesuai dengan nama dari Ciherang. yang dalam bahasa Sunda berarti air jernih atau bening.

Keunikan dari curug ini adalah adanya gardu pandang yang dibuat menyatu dengan pohon besar lengkap dengan sebuah jembatan kayu gantung sebagai penghubungnya. Sebenarnya, bentuk objek wisata yang satu ini sangat sederhana, yakni hanya terbuat dari papan kayu kokoh yang dibangun di atas pohon besar. Cucu perlu ekstra hati-hati ketika menaikinya karena letaknya berada di tebing dan bagian bawahnya adalah jurang yang cukup dalam.

Wisata gardu pandang ini mirip seperti konsep Gardu Pandang Omah Kayu di kawasan wisata Batu Malang dan Kalibiru di Kulon Progo yang menjadi primadona baru di Jogja. Tak butuh waktu lama, jembatan kayu di Gardu Pandang Curug Ciherang ini pun langsung menjadi tempat wisata di Bogor yang hits di kalangan netizen karena latar pemandangan perbukitan hijau yang kecedi sekelilingnya.

Kawasan Wisata Curug Ciherang sangat asri dengan nuansa pegunungan yang terletak di ketinggian sekitar 900 mdpl. Cucu dapat mencapai kawasan ini dalam waktu 2,5 jam dari Jakarta ke arah Jonggol. Dari Alun-alun Jonggol, Cucu ambil jalur ke arah kanan menuju Sukamakmur dan di pertigaan Sukamakmur kemudian mengambil arah ke kiri mengikuti jalur hingga sampai di lokasi dengan jarak 6 kilometer.

Dari gerbang masuk, Cucu perlu berjalan kaki melewati jalan setapak sekitar 15 menitatau sekitar 500 meter. Untuk biaya masuk ke area Curug Ciherang dipatok Rp 5000 per orang, ditambah biaya parkir Rp 5000 untuk roda dua dan Rp 20.000 untuk roda empat. Untuk dapat naik ke Gardu Pandang diperlukan tiket tambahan sebesar Rp 2000 / 5 menit. Masih tergolong murah kan, Cu?

Nah, sebelum kembali ke ibukota, Cucu bisa langsung mampir ke Bumi Aki Cibinong. Cucu bisa melepas dahaga dengan segelas Avocado Coffee, atau bagi yang habis berbasah-basahan dan butuh kehangatan, ada semangkuk Sop Buntut Spesial yang siap menghangatkan badan Cucu. Untuk Cucu yang membawa si kecil juga jangan khawatir, soalnya di Bumi Aki Cibinong ada arena playground dan aktivitas mewarnai serta meronce.

Untuk info lebih lanjut dan reservasi, Cucu bisa langsung WA +62 811-1164-168.

Aki tunggu kedatangannya ya, Cu!

About the author

Leave a Reply